Sejarah Tunas Bangsa

Yayasan Bintan Resorts (YBR) yang didirikan pada 14 September 2001 adalah sebuah lembaga nirlaba yang dimiliki oleh PT Bintan Resorts Cakrawala sebagai bentuk kepeduliannya terhadap kualitas pendidikan di kawasan pariwisata Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau. Sumbangsih perusahaan sebagai anggota masyarakat dalam memajukan kehidupan bangsa melalui media pendidikan. Dirasakan oleh pendiri YBR bahwa pendidikan yang berkualitas saat itu masih kurang, sehingga tergerak hati untuk membuat lembaga pendidikan dengan kualitas pendidik dan fasilitas yang baik dan mampu bersaing di wilayah Kepulauan Riau.

Keberadaan Tunas Bangsa sebagai salah satu sekolah swasta di Kabupaten Bintan membuka peluang bagi para orang tua/ wali murid yang tinggal di sekitar kawasan untuk mendapat pendidikan dengan kualitas yang lebih baik dengan sarana dan prasarana yang modern dan lengkap. Di mulai dengan pendirian TK dan berkembang sampai saat ini telah memiliki SMA, hal ini sebagai bentuk apresiasi terhadap kepercayaan masyarakat dan pemerintahan pulau Bintan terhadap YBR. Pendidikan di Tunas Bangsa merupakan proses kemandirian, pengenalan diri sendiri agar mampu mengidentifikasi potensi diri masing-masing sehingga dapat menentukan arah hidupnya untuk dapat mengolah dan memanfaatkan sumber daya alam untuk kepentingan masyarakat dan dirinya sendiri. Realisasinya adalah penguasaan keilmuan di dalam kelas yang secara mandiri dikerjakan siswa dengan mengambil referensi tambahan dari lingkungan sekitar dan memanfaatkan teknologi yang ada.

Landasan kokoh yang ditanamkan dalam diri seluruh siswa/i, pendidik dan pengelola YBR menjadikan institusi ini berjalan stabil dan semakin kuat dari hari ke hari. Kehidupan di dalam institusi pendidikan berjalan sesuai dengan kalender akademik yang telah ditetapkan.

Nama Tunas Bangsa terinspirasi dari kata tunas yang berarti bakal tumbuhan atau tumbuhan muda yang akan menjadi besar dan berguna bagi lingkungannya. Dalam hal ini Tunas Bangsa berarti lembaga pendidikan yang bertujuan mencetak siswa/i, anak-anak muda yang akan berkembang nantinya untuk berjuang bagi kemajuan bangsa.